Minggu, 02 Desember 2012

Nahh… Natal sebentar lagi tiba :o suasana natal pasti sudah terasa. .ya kan?
tapi tidak hanya di Indonesia saja suasana itu sudah terasa,di seluruh wilayah di dunia juga sudah merasakannya :) karna itu mari saya ajak anda untuk melihat di beberapa tempat di dunia yang merayakan natalnya dengan meriah :D
1. Dari kawasan Asia ada Jepang.

Tahukah kamu bahwa hari Natal di Jepang bukan termasuk hari libur nasional? Yup. Orang-orang Jepang tetap masuk kantor dan kerja seperti biasa pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya (kecuali kalau tanggal tersebut jatuh tepat di hari minggu).
Natal di Jepang lebih mengarah ke liburan yang menanti mereka dalam menjelang malam pergantian tahun baru. Perusahaan-perusahaan besar menghiasi gedung mereka dengan lampu-lampu indah dan tentu saja pohon Natal yang besar.Kebiasaan menyiapkan pohon Natal di bulan Desember dibawa ke Jepang oleh para misionaris dari Eropa, tetapi pohon Natal modern pertama kali muncul di Ginza sekitar tahun 1910.
Gini ni kalau mau nyebutin kata Natal dalam bahasa Jepang “Natal = Kurisumasu (クリスマス)
2. Dari kawasan Eropa ada Prancis

Karena menjelang menjelang akhir bulan November kota-kota di Perancis, sudah terlihat marak dengan dekorasi Natal yang jatuh di bulan Desember. Dari mulai lampu jalanan yang terhias berkerlap-kerlip, pohon cemara segar ditawarkan penjual membuat suasana semakin menghijau dan tentunya yang selalu menyegarkan mata, dipajangnya begitu banyak benda cantik, membuat gemas, dan rela merogoh kantung demi mendapatkannya sebagai hadiah bagi orang tersayang.
Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, misalnya setiap tahun selalu mengadakan pesta Natal, budaya yang berlangsung pun sama, di bawah pohon cemara sudah tertata bertumpuk kado, membuat mata anak-anak yang datang sebagai undangan berbinar tak sabar ingin segera membukanya. Tradisi merayakan Natal dengan kepala pemerintahan ini sudah berlangsung sejak tahun 1889.
Ratusan anak menjadi tamu di kediaman Presiden, Palais de l’Elysée. Siapa saja ratusan anak tersebut? Mereka adalah, para anak yatim/piatu dari keluarga militer, polisi, petugas penyelamatan dan juga anak dari korban becanda alam. Dari tahun ke tahun, keakraban antara Presiden dan istrinya kepada undangan cilik berusia antara lima hingga sepuluh tahun semakin hangat. Sarkozy dan istrinya Carla Bruni tak segan memberikan tanda tangan kepada tamu kecil, bahkan topi Sinterklas, dikenakan Presiden Nicolas Sarkozy. Saat Natal, pemimpin negara pun dengan senang hati merayakannya, sebagai pestanya anak.
wah,presiden nya aja ngerayain pesta natal :o kita kapan ya 8)
Natal dalam bahasa Perancis “Natal = Noël”
3.Dari kawasan Amerika ada Amerika Serikat



USA adalah negara yang besar :o hampir seluruh kota-kota besarnya merayakan natal (plus) memberikan nuansa natal yang kental bagi setiap orang yang mau merayakan natal ke sana :D ya,harus punya dana besar ni 8)
Las Vegas, AS
Natal adalah tentang kebahagiaan dan keceriaan untuk Anda dan keluarga. Rasanya tak ada tempat yang lebih baik untuk merayakannya selain di kota mewah yang banyak menyajikan hiburan seperti Las Vegas. Begitu banyak hotel mengagumkan yang akan memanjakan Anda saat Natal dan tahun baru dengan dekorasi mereka yang luar biasa. Ditambah lagi dengan penawaran spesialnya.
Honolulu, Oahu
Penginapan di pantai tropis selalu popular saat Natal. Pulau Oahu yang menjadi jantung Hawai merupakan salah satu tempat terbaik ketika pertengahan musim dingin. Penuh kehangatan akan penyambutan dengan kebudayaan tradisional yang khas, dan pemandangan alami yang cantik. Salah satu pantai yang terkenal adalah pantai Wakiki.
Disneyland, Orlando, Florida, AS
Salah satu tempat paling spesial untuk membawa anak Anda menikmati liburan Natal adalah Disneyland. Dekorasi di sepanjang taman dan hotelnya sangat mengagumkan. Terdapat pula dekorasi berupa Sleeping Beauty Castle dan pohon Natal di ujung jalan utama. Pada kawasan Rumah Hantu, pengunjung akan disambut dengan hiasan “The Nightmare Before Christmas”.
New York, AS
Natal di New York sangatlah mengagumkan dengan beberapa dekorasi, aneka pertunjukan dan hiburan yang fantastik. Kunjungilah toko mainan besar seperti FAO Schwarz dan Toys R Us di Time Square. New York adalah kota yang sangat dingin saat Natal dan Anda berkesempatan untuk menikmati rintikan salju yang turun.
4.Dari kawasan Austalia ada Selandia Baru

Natal dirayakan dengan cara yang sangat berbeda dari seluruh dunia, karena musim panas di sini bukan musim dingin. Meskipun tidak ada cuaca dingin atau salju di Selandia Baru, satu hal yang umum bagi semua adalah roh dari festival yang mengisi hati semua orang. Di Selandia Baru Liburan dikombinasikan dengan liburan musim panas, berpesta, hadiah bertukar, piknik keluarga kebanyakan diadakan selama Natal di Selandia Baru. Beberapa hari sebelum festival, toko-toko dan mal mengungkapkan semangat meriah. Toko-toko yang indah dihiasi dengan Santa Claus dalam jubah merah dan jenggot putih, bersama dengan adegan salju.
Sementara negara-negara barat merayakan Natal di salju dan cuaca dingin, Selandia Baru dipenuhi dengan kehidupan musim panas. Ada bunga yang indah dan penuh warna dan aroma wangi banyak yang menciptakan sebuah adegan menarik dari keindahan dan pesona menyegarkan. Sebuah aspek unik dari perayaan Natal di Selandia Baru adalah pohon Natal. Pohon itu tampak spektakuler dengan indah bunga merah yang indah.
hee… berbeda ya,tetapi mengagumkan :D
5.Dari kawasan Afrika,kita akan lihat beberapa negara yang merayakan natalnya degan sederhana namun dengan hikmat.

Orang-orang Afrika merayakan Natal setiap tahunnya. Tetapi, perayaan mereka tidak sekomersil perayaan-perayaan di Eropa dan Amerika karena mereka lebih mengagungkan religius aspek Natal daripada membanjiri rumah dengan hadiah-hadiah. Kebanyakan dari mereka akan menghadiri misa di gereja untuk perayaan Natal, lalu berkunjung ke sanak saudara dan teman untuk makan malam Natal. Kalau Anda ingin berlibur di Afrika, tanyakan kami untuk tiket murah ke sana. Berikut ini perayaan Natal di beberapa negara di Afrika:

Afrika Selatan

Di Afrika Selatan, libur Natal juga merupakan liburan musim panas. Memang tidak ada salju di musim ini, tetapi bunga-bunga yang indah bermekaran yang akhirnya dijadikan sebagai dekorasi Natal juga. Selain itu, orang Afrika Selatan juga menghias rumah mereka dengan cabang-cabang pinus dan pohon Natal biasanya diletakkan di sudut ruangan, bersama dengan kado-kado Natal. Lalu, bila udaranya bagus, mereka senang pergi ke pantai dan menikmati hidangan Natal seperti daging barbeque, pai-pai daging, kalkun, dan puding plum.
Kenya
Seperti di negara-negara Afrika lainnya, atau di Eropa dan Amerika, liburan Natal di Kenya adalah masa di mana keluarga berkumpul bersama. Makanan Natal tradisional Kenya contohnya adalah Nyama Choma, yaitu kambing panggang.
Suku-suku tertentu di Kenya mempunyai kebiasan sendiri tentang makan malam Natal. Suku Kikuyu dan Masai misalnya, beberapa bagian daging kambing hanya boleh dimakan oleh anak laki-laki, dan bagian lainnya untuk anak perempuan. Keluarga-keluarga lain yang tidak mampu membeli daging kambing biasanya menghidangkan ayam untuk perayaan Natal mereka. Selain itu, mereka juga menikmati chapattis, ugali, sukuma wiki, dan nasi.
Ghana
Negara kecil ini terletak di sebelah barat benua Africa. Di sini, penduduk mulai menghias rumah mereka dengan hiasan Natal pada minggu pertama Advent, atau empat minggu sebelum hari Natal. Di Ghana, perayaan Natal bertepatan dengan musim panen cacao, jadi pesta Natal di negara ini benar-benar meriah. Mereka menghadiri misa di gereja dan makan malam bersama keluarga. Hidangan Natal mereka tidak akan lengkap tanpa masakan tradisional seperti fufu dan sup okra.

Liberia

Di pagi hari, orang-orang Liberia terbangun dengan lagu-lagu Natal sebelum mempersiapkan diri untuk menghadiri misa. Seperti yang telah disebut sebelumnya, orang-orang Afrika tidak terlalu membanjiri diri mereka dengan kado Natal, tetapi kadang-kadang mereka juga bertukar kado. Biasanya berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari, misalnya sabun, kain katun, permen, pensil, atau buku. Lalu, makan malam mereka diadakan di luar rumah, dan berupa nasi, daging sapi, dan biskuit.
Uganda
Seperti orang Kenya, di Uganda mereka juga memakan daging kambing untuk merayakan Natal. Terkadang ada beberapa orang yang membeli kalkun juga, tetapi kebanyakan orang-orang memakan daging kambing, matoke (pisang hijau yang dikukus), kentang, posho, saus kacang, singkong, ubi-ubian, dan lain-lain.
sumber :
1.http://ezytravel.co.id/blog/liburan-natal-di-afrika-tiket-pesawat-online.html?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=liburan-natal-di-afrika-tiket-pesawat-online
2.http://id.hicow.com/natal/sinterklas/selandia-baru-600018.html
3.http://travel.kompas.com/read/2011/12/15/16373511/Apa.Makna.Natal.bagi.Masyarakat.Perancis
4.http://afie.staff.uns.ac.id/2008/12/24/suasana-natal-di-jepang/
5.http://travel.okezone.com/read/2011/12/10/409/540580/wisata-bernuansa-natal-yang-kental-i

From : http://vitrosa.wordpress.com/2011/12/23/perayaan-natal-di-seluruh-dunia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar